Kepala BNPB Baru Ganip Warsito

Kepala BNPB Baru Ganip Warsito

Sireares

Presiden Joko Wododo dijadwalkan bakal melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa (25/5/2021). Pelantikan urusan yang demikian dijadwalkan akan dilangsungkan pukul 10.30 WIB setelah pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa pagi, di Istana Negara, Jakarta. Diberitakan dari perkabaran Arah.id, Kepala BNPB saat ini yaitu Doni Monardo bakal diganti oleh Letjen Ganip Warsito.

Sementara sumber MNC Portal di lingkungan Mabes TNI bahkan membetulkan isu bahwa Letjen TNI Ganip Warsito bakal dilantik menjadi Kepala BNPB menggantikan Letjen TNI Doni Monardo.

Kepala BNPB Baru Ganip Warsito

Profil Ganip Warsito

Pria kelahiran di Magelang, Jawa Tengah pada 23 November 1963 ini memulai karirnya saat lulus pengajaran Akademi Militer di tahun 1986. Ganip lantas bergabung di divisi infanteri sampai melaksanakan amanat sebagai Panglima Komando Gabungan Kawasan Pertahanan.

Jabatan Ganip Warsito sebagai Kasum TNI baru dijalaninya sekitar tiga bulan, usai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantiknya pada 1 Februari 2021. Diketahui, di samping menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Ganip pun pernah dipercayakan sebagai Pangdam XIII/Merdeka, dan Asops Panglima TNI.

Pada sebuah berita paling update dikatakan bahwa pelantikan dilaksanakan menurut keterangan dari surat keputusan presiden nomor 5/p tahun 2019 perihal pelantikan Kepala BNPB. Sejak dilantik, Doni segera menangani petaka alam gempa di Palu. Dia pun sempat disibukkan dengan rentetan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menjadi perhatian internasional.

Doni pun merangkap sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pada 19 Maret 2020. Jabatannya pulang menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada 20 Juli 2020.

”Presiden inginkan mentradisikan yang memimpin BNPB yaitu perwira tinggi aktif, di antaranya agar tiap terjadi petaka dapat mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip bakal dilantik pada Selasa pagi,” ujar Pratikno.

Sementara itu, Staf Khusus Doni Monardo, Eggy Massadiah, pun membenarkan peralihan itu.

“(Pak Doni) digantikan Letjen Ganip Warsito,” katanya saat dikonfirmasi Arah.com, Selasa pagi. Egy pun menyatakan, setelah pengangkatan di istana, akan dilangsungkan serah terima jabatan di Graha BNPB.

Sebagaimana dikenal, Ganip baru menjabat sebagai Kasum TNI sekitar tiga bulan lebih usai dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 1 Februari 2021 lalu.

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1986 ini kawakan di bidang infanteri. Dia pernah menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Pangdam XIII/Merdeka, Asops Panglima TNI, dan Pangkogabwilhan III

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This field can't be empty

You have to write correct email here, ex. name@email.com