Jenis Vaksin COVID-19 Yang Saat Ini Tersedia

Jenis Vaksin COVID-19 Yang Saat Ini Tersedia

Vaksin penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) dapat mencegah Anda terkena COVID-19 atau menjadi sakit parah atau meninggal karena COVID-19. Tetapi bagaimana cara kerja berbagai jenis vaksin COVID-19? Setiap vaksin COVID-19 menyebabkan sistem kekebalan tubuh membuat antibodi untuk melawan COVID-19. Vaksin COVID-19 menggunakan versi struktur mirip spike yang tidak berbahaya pada permukaan virus COVID-19 yang disebut protein S. Berikut jenis utama vaksin COVID-19 yang saat ini tersedia sedang dipelajari.

Vaksin Messenger RNA (mRNA). Jenis vaksin ini menggunakan mRNA yang direkayasa secara genetik untuk memberikan instruksi kepada sel Anda tentang cara membuat protein S yang ditemukan di permukaan virus COVID-19. Setelah vaksinasi, sel otot Anda mulai membuat potongan protein S dan menampilkannya di permukaan sel. Ini menyebabkan tubuh Anda membuat antibodi. Jika nanti Anda terinfeksi virus COVID-19, antibodi ini akan melawan virus tersebut. Setelah memberikan instruksi, mRNA segera dipecah. Itu tidak pernah memasuki inti sel Anda, di mana DNA Anda disimpan. Baik vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna COVID-19 menggunakan mRNA.

Jenis Vaksin COVID-19 Yang Saat Ini Tersedia

Vaksin vektor. Pada vaksin jenis ini, materi genetik dari virus COVID-19 ditempatkan dalam versi modifikasi dari virus yang berbeda (vektor virus). Ketika vektor virus masuk ke dalam sel Anda, ia mengirimkan materi genetik dari virus COVID-19 yang memberi sel Anda instruksi untuk membuat salinan protein S. Setelah sel Anda menampilkan protein S pada permukaannya, sistem kekebalan Anda merespons dengan menciptakan antibodi dan sel darah putih defensif. Jika nanti Anda terinfeksi virus COVID-19, antibodi akan melawan virus tersebut. Vaksin vektor virus tidak dapat menyebabkan Anda terinfeksi virus COVID-19 atau virus vektor virus. Juga, materi genetik yang dikirimkan tidak menjadi bagian dari DNA Anda. Vaksin Janssen/Johnson & Johnson COVID-19 adalah vaksin vektor. AstraZeneca dan Universitas Oxford juga memiliki vaksin vektor COVID-19.

Vaksin subunit protein. Vaksin subunit hanya mencakup slot gacor bagian virus yang paling baik merangsang sistem kekebalan Anda. Jenis vaksin COVID-19 ini mengandung protein S yang tidak berbahaya. Setelah sistem kekebalan Anda mengenali protein S, itu menciptakan antibodi dan sel darah putih defensif. Jika nanti Anda terinfeksi virus COVID-19, antibodi akan melawan virus tersebut. Novavax sedang mengerjakan vaksin subunit protein COVID-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19, sekarang disebut Comirnaty, untuk mencegah COVID-19 pada orang berusia 16 tahun ke atas. Vaksin ini berada di bawah otorisasi penggunaan darurat untuk anak-anak usia 5 hingga 11 dan 12 hingga 15 tahun. FDA juga telah memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 Moderna dan Janssen/Johnson & Johnson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post